Jumat, 04 Agustus 2017

Kenapa dengan hino

Ada Apa Dengan Hino?Beda halnya dengan kendaraan lain, yg mesin berikut series'nya mudah dideteksi lewat penampilan luarnya. Di jagad bis, body luar bukanlah suatu acuan sebagai penentu chasis/mesin yg menompangnya, misalnya saja, tidak semua bis berbody Legacy SR-1 itu bermesin Mercy.Sehingga butuh sedikit ketelitian dalam menelisik ke beberapa sudut untuk mengetahui varian mesin yg dipakai oleh sebuah bis.Pasti pernah melihattrendsterstiker berupa tulisan besar sebagaitagyg menegaskan identifikasi mesin di sebuah bis. Dulu, hanya bis yg bertenaga scania dan vlolvo saja yg berani menjabarkanbrandmenghiasi kaca body'nya. Tak bisa dipungkiri bahwasanya hingga kini pun,made inEropa masih menjadi raja di duniaperbisan Indonesia, apalagi duaplatformasal Swedia di atas, dimana merekalah yg memelopori pengaplikasian sistem suspensi udara yg membidani kenyamanan pada penumpangnya. Maka tidak berlebih jikalau si empunya memamerkan apa yg dipunyai oleh armada kepunyaannya seraya memagnet calon penumpang terhadap sisi unggul kendaraannya.Beberapa waktu kemudian, seiringMercedes -Benzmengikuti jejak 'mentul mentul' dua kompetitornya yaitu diawali dengan lahirnyaOH 1626hingga yg terkiniO500R 1836, kaca pada bis pun mulai bertemakantrademarkMercyseries, seolah mengimbangi yg sudah ada sebelumnya, mengisyaratkan bahwa bukanScania/Volvosaja yg patut untuk dibeberkanbrand'nya.Lalu bagaimanakah nasibHino?Merk dari negeri sakura ini bukanlah merk bawahan yg pantas diremehkan, bahkan mungkinHinolah yg menjadi penguasa pangsa pasar industri chasis bis di Indonesia ini. Selain harga yg relatif di bawah merk lain, perawatan yg mudah dan suku cadang yg lebih ekonomis membuat banyak pengusaha otobus lebihmemilihnya untuk dijadikan nyawa perusahaan.Namun biar demikian, mereka seolah enggan untuk mengidentifikasikan mesin dari armadanya itu lewat balutan stiker layaknya yg tengah marak pada bis dengan chasis pabrikan Eropa. Bahkan logo khas yg biasanya nempel di muka dan buritan pun jarang di pasang. Logikanya ini mungkin agar calon penumpang tidak mengenali bahwa bis itu bermesinHino, walaupun sebenarnya untuk membedakan chasisHinodengan yg lain itu sangatlah mudah, yaitu dengan melihat jumlah baut di velg rodanya yg hanya  8 buah.Hinosering kali diidentikkan dengan kendaraan besar semacam truk, sedangMercytipikalnya adalah kendaraan kecil seperti mobil sedan yg mewah. Inilah yg menimbulkan gagasan bahwa bis berchasisHinofungsional kenyamanannya tak mampu seimbang denganMercyatau yg lain, sehingga paraonwerseperti 'malu malu kucing' untuk menegaskan bahwa armada miliknya bermesinHino, sebisa mungkin menghindar dari sepengetahuan calon penumpangnya daripada dikata"enak di elo gak enak di gue"hihihi...Seiring perkembangan teknologi, dimana yg lain telah mempertimbangkan aspek dari kenyamanan penumpang lewat benaman balon udara,Hinopun tak lagi diam.RN 285adalah varian terbaru dariHinountuk mengejar ketertinggalannya akan aplikasi Air Suspension dari para kompetitornya.Varian anyar yg dulu pernah digadang oleh salah satu PO Muriaan untuktrademarkHino RK8'nya itu kini telah benar benar membumi di Indonesia.Dan inilah bukti bahwabrandnamedarinya kini pun mampu eksis layaknya yglain...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar